CONTOH RPP 2013



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan     
:
SMA NEGERI 3 SURAKARTA
Kelas /Semester
:
X / I (Ganjil)
Program
:
IPS
Mata pelajaran
:
Geografi
Materi pokok
:
Konsep Dasar Geografi
Tahun Ajaran 
:
2013/ 2014
Alokasi Waktu
:
4 minggu × 3 JP         

A.    KOMPETENSI INTI
KI 1
:
Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya.
KI 2
:
Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan,  gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan pro-aktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3
:
Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4
:
Mengolah,  menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.



B.     KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
1.      Kompetensi Dasar
3.1.
:
Memahami pengetahuan dasar geografi dan terapannya dalam kehidupan sehari-hari.
4.1.
:
Menyajikan contoh penerapan pengetahuan dasar geografi pada kehidupan sehari-hari dalam bentuk tulisan
2.      Indikator
·         Menjelaskan 10 konsep dasar geografi dan penerapannya
·         Membedakan empat prinsip geografi dan penerapannya
·         Membedakan obyek formal dan obyek fungsional geografi
·         Menjelaskan metode/pendekatan geografi dan penerapannya
·         Membedakan aspek fisik dan aspek sosial geografi dan penerapnnya
·         Menjelaskan cabang ilmu geografi dan ilmu bantu geografi
·         Menunjukkan perilaku proaktif dalam mempelajari hakekat ilmu dan peran geografi untuk diterapkan dalam memecahkan masalah kehidupan sehari-hari
·         Menunjukkan perilaku disiplin dan tanggungjawab dalam melakukan obsevasi
·         Menunjukan pro aktif dan responsif dalam diskusi

C.    TUJUAN PEMBELAJARAN
·         Melalui proses mencari informasi, menanya, dan berdiskusi peserta didik dapat:menjelaskan pengertian dan ruang lingkup geografi, menguraikan 10 konsep dasar geografi,  membedakan 4 prinsip geografi dan membedakan obyek  formal  serta obyek fungsional geografi, menjelaskan metode/pendekatan geografi dan membedakan aspek fisik serta aspek sosial geografi. Menunjukkan perilaku proaktif dalam mempelajari hakekat ilmu dan peran geografi dalam memecahkan berbagai masalah dalam kehidupan sehari-hari
·         Melalui proses mencoba, mengasosiasi, dan mengomunikasikan  peserta didik dapat: menemukan penerapan 10 konsep essensial konsep, prinsip-prinsip geografi, pendekatan geografi dan aspek geografi, menunjukkan perilaku proaktif dalam mempelajari hakekat ilmu dan peran geografi untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari menunjukkan perilaku disiplin dan tanggungjawab dalam melakukan obsevasi

D.    MATERI PEMBELAJARAN
1.      Fakta :
a.       Fenomena alam dan fenomena kehidupan sehari-hari
b.      Contoh peristiwa bencana gempa bumi, tsunami, banjir tanah longsor dll
c.       Litosfer, atmosfer, hidrosfer, biosfer dan antroposfer
2.      Konsep :
a.       Konsep geografi berbagai ahli/sumber
b.      Konsep essensial geografi (lokasi, jarak, keterjangkauan, morfologi, aglomerasi, interaksi interdependensi, keterkaitan ruang, nilai kegunaan, diferensi area dan pola)
3.      Prinsip :
a.       Distribusi, interrelasi, deskripsi, korologi
b.      Pendekatan keruangan, kelingkungan dan kompleks wilayah
4.      Prosedural

E.     METODE PEMBELAJARAN
1.      Dikusi kelompok
2.      Penugasan
3.      Presentasi

F.     MEDIA, ALAT, DAN SUMBER PEMBELAJARAN
1.      Alat                 : LCD Proyektor, Peta, gambar, film
2.      Bahan ajar       : Buku GeografiKelas X BSE, Buku Geografi Penunjang
3.      Sumber pembelajaran : Artikel, jurnal, buku-buku geografi yang relevan, lingkungan di sekitar siswa, dan informasi dari internet

G.    KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan pertama
Rincian Kegiatan
Waktu
Pendahuluan
·      Guru menyampaikan kompetensi dasar (KD) yang akan diajarkan
·      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
·      Guru meminta beberapa peserta didik mengemukakan pengalaman sejak bangun tidur sampai tiba di sekolah
·      Guru mengaitkan hal-hal yang apa dikemukakan peserta didik dengan materi yang akan dipelajari
·      Guru membagi peserta didik dalam beberapa kelompok
20 menit
Kegiatan Inti
Mengamati
·      Secara berkelompok peserta didik menggali informasi tentang disiplin ilmu geografi dari beberapa ahli
·      Menggali informasi tentang 10 konsep dasar geografi
·      Guru menilai keaktifan peserta didik dalam kelompok
Menanya
·      Peserta didik mengajukan pertanyaan berdasarkan pada pendangan para ahli geografi
·      Peserta didik mengajukan pertanyaan yang belum dipahami tentang 10 konsep essensial geografi
·      Guru memberi kesempatan bagi peserta didik lain yang ingin menanggapi atau menjawab pertanyaan siswa,
Mencoba
·      Peserta didik merangkai pengertian dan ruang lingkup geografi
·      Peserta didik memberikan contoh penerapan setiap konsep essensial geografi dalam kehidupan sehari-hari
·      Guru menilai sikap peserta didik dan hasil kerja kelompok
·      Guru menilai kemampuan peserta didik menerapkan konsep  esensial geografi

Mengasosiasi
·      Disajikan beberapa gambar dan video klip berisi fenomena alam dan kehidupan yang berkaitan dengan konsep essensial geografi
·      Masing-masing kelompok berdiskusi menentukan konsep geografi yang sesuai dengan tayangan gambar/video klip
·      Masing-masing kelompok berdiskusi sesuai dengan tayangan gambar/video klip dan memberikan alasan/argumen
·      Guru menilai kemampuan peserta didik mengolah informasi dan menentukan konsep geografi yang sesuai dengan tayangan
Mengomunikasikan
·      Secara bergilir setiap kelompok diberi kesempatan mengemukakan hasil diskusi kelompoknya
·      Kelompok lain dapat memberi tanggapan dan pertanyaan
·      Guru memberi penilaian atas hasil kerja kelompok dan  kemampuan peserta didik berkomunikasi lisan
·      Guru memberi penilaian atas hasil kerja kelompok dan  kemampuan peserta didik berkomunikasi lisan

90 menit
Penutup
·         Guru meminta peserta didik menyimpulkan hakikat ruang lingkup geografi dan konsep essensial geografi
·         Evaluasi
·         Guru memberikan tugas untuk dikerjakan di rumah (PR)
·         Guru mengingatkan materi pertemuan berikutnya tentang prinsip geografi dan obyeks studi geografi
25 menit

Pertemuan Kedua
Rincian Kegiatan
Waktu
Pendahuluan
·      Merefleksi kembali pelajaran pertemuan sebelumnya
·      Guru dan peserta didik membahas tugas yang telah dikerjakan di rumah
·      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
·      Guru dan peserta didik mengaitkan materi yang telah dipelajari dengan materi yang akan dipelajari prinsip  geografi dan obyek geografi
·      Guru membagi peserta didik ke dalam kelompok ahli

15 menit
Kegiatan Inti
Mengamati dan Menanya
·      Setiap peserta didik dalam kelompok diberi topik masing-masing tentang prinsip dan objek geografi
·      Selanjutnya peserta didik yang sama topiknya membentuk kelompok baru (kelompok ahli) untuk membahas topik mereka dengan membaca referensi dan menanya tentang topik dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
Mencoba dan mengasosiasi
·      Kelompok ahli diminta untuk membuat rumusan/poin-poin penting dari topik yang dibahas
·      Kelompok ahli diminta untuk membuat peta konsep prinsip geografi dan obyek studi geografi
·      Setiap kelompok menghubungkan prinsip-prinsip geografi dan obyek studi geografi dengan  contoh-contoh fenomena dalam kehidupan sehari-hari melalui jurnal, artikel, berita dll.
·      Guru menilai sikap peserta didik dalam kerja kelompok
·      Guru menilai kemampuan menerapkan prinsip dan obyek studi geografi dalam kehidupan sehari-hari
Mengomunikasikan
·      Masing-masing anggota kelompok ahli kembali ke kelompok awal dan memaparkan hasil diskusi kelompok ahli, peserta lainnya dapat mengajukan pertanyaan/tanggapan
·      Guru menilai keterampilan menyaji dan berkomunikasi
90 menit
Penutup
·         Guru bersama peserta didik menyimpulkan prinsip geografi dan obyek studi geografi
·         Guru memberikan tugas untuk di kerjakan di rumah
·         Melakukan evaluasi
25 menit

Pertemuan Ketiga
Rincian Kegiatan
Waktu
Pendahuluan
·      Merefleksi kembali pelajaran pertemuan sebelumnya
·      Guru dan peserta didik membahas tugas yang telah dikerjakan (PR)
·      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
·      Guru dan peserta didik menyampaikan beberapa masalah kehidupan sehari-hari yang dapat dikaji dengan pendekatan geografi

15  menit
Kegiatan Inti
Mengamati
·      Meminta peserta didik membaca referensi tentang pendekatan geografi (keruangan, kelingkungan dan kompleks wilayah)
Menanya
·      Memberi kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya tentang pendekatan geografi
Mencoba
·      Peserta didik dibagi dalam kelompok-kelompok, masing-masing terdiri dari lima  orang
·      Peserta didik diberi tugas mencari contoh masalah dalam kehidupan sehari-hari dan menggunakan pendekatan  geografi yang sesuai
·      Guru menilai keterampilan menerapkan pendekatan geografi dalam memecahkan masalah
·      Guru menilai kejujuran dan ketelitian dlam memperoleh data, serta kerjasama dalam kelompok

Mengasosiasi
·      Kelompok mendiskusikan penyajian dan pengolahan data serta menyiapkan bahan presentasi kelompok
·      Guru menilai kerjasama dan tanggungjawab peserta didik dalam kerja kelompok
Mengomunikasikan
·      Secara bergantian setiap kelompok mempresentasikan hasil kerja kelompok, kelompok lainnya dapat memberi pertanyaan/tanggapan
·      Guru menanggapi hasil presentasi untuk memberi penguatan pemahaman dan/atau mengklarifikasi miskonsepsi
·      Guru menilai keterampilan menyaji dan menalar, serta kesantuan dan kemampuan berkomunikasi
100 menit
Penutup
·         Guru bersama peserta didik menyimpulkan kembali pendekatan geografi (keruangan, kelingkungan dan komlpeks wilayah)
·         Guru memberikan tugas untuk dikerjakan di rumah
·         Melakukan evaluasi
·         Guru mengingatkan bahan yang akan dibahas pada pertemuan berikutnya
20 menit

Pertemuan Keempat
Rincian Kegiatan
Waktu
Pendahuluan
·      Merefleksi hasil pembelajaran pertemuan yang lalu
·      Guru dan peserta didik membahas tugas yang telah dikerjakan di rumah
·      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
20 menit
Kegiatan Inti
Mengamati
·           Peserta didik dibagi kedalam kelompok 5-6 orang
·           Secara berkelompok peserta didik diminta mengamati beberapa titik di lingkungan sekitar sekolah dan mencatat obyek yang telah diamati
menanya
·           Setelah kembali di kelas, Peserta didik diberi kesempatan menanyakan hal-hal yang berkait dengan aspek fisik dan sosial geografi yang telah diamati
Mencoba
·           Peserta didik diminta mengklasifikasi apa yang diamati ke dalam kategori aspek fisik dan/atau aspek sosial
Mengasosiasi
·           Peserta didik diminta mengaitkan anatara aspek fisik dan sosial yang telah diamati dengan disiplin ilmu pengetahuan yang membahas aspek tersebut.
Mengomunikasikan
·      Setiap kelompok diberi kesempatan mempresentasikan hasil observasi aspek fisik dan aspek sosial dan hubungannya dengan disiplin ilmu (cabang ilmu/ilmu bantu geografi)
·      Kelompok lain memberikan tanggapan/pertenyaan
·      Guru menilai kemampuan menyaji dan menalar, serta komunikasi
80 menit
Penutup
·         Peserta didik merefleksi pembelajaran konsep dasar geografi
·         Memberi evaluasi
35 menit



Penilaian
1.      Mekanisme dan prosedur
Penilaian dilakukan dari proses dan hasil. Penilaian proses dilakukan melalui observasi kerja kelompok, kinerja presentasi, dan laporan tertulis. Sedangkan penilaian hasil dilakukan melalui tes tertulis.
2.      Aspek dan Instrumen penilaian
Instrumen observasi menggunakan lembar pengamatan dengan fokus utama pada aktivitas dalam kelompok, tanggungjawab, dan kerjasama.
Instrumen kinerja presentasi menggunakan lembar pengamatan dengan fokus utama pada aktivitas peran serta, kualitas visual presentasi, dan isi presentasi
Instrumen laporan praktik menggunakan rubrik penilaian dengan fokus utama pada kualitas visual, sistematika sajian data, kejujuran, dan jawaban pertanyaan.
Instrumen tes menggunakan tes tertulis uraian dan/atau pilihan ganda
3.      Instrumen (Terlampir)

Sumber/Referensi
Buku Pegangan Kurikulum 2013
Geografi Kelas X
Buku Geografi Penunjang









Surakarta, Mei 2013
Mengetahui,
Kepala Sekolah SMA N 3 Surakarta,



Drs. Makmur Sugeng, M.Pd
NIP. 19600410 198603 1 012

Guru Mata Pelajaran Geografi,



Supriyanto, S.Pd, M.Pd
NIP. 19730711 20071 1 009

Catatan Kepala Sekolah
......................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................












Lampiran
a.    Lembar Observasi dan kinerja presentasi
LEMBAR PENGAMATAN OBSERVASI
DAN KINERJA PRESENTASI
Mata Pelajaran    : Geografi
Kelas/Program    : X/IIS
Kompetensi        : KD 3.1 dan 4.1
No
Nama Peserta didik
Observasi
Kinerja Presentasi
Jml
Skor
NilaI
Akt
tgjwb
Kerjsm
Prnsrt
Visual
Isi
(1)
(2)
(3)
(4)
(5)
(6)
1.     
Abdus Shamad
4
4
3
4
3
3
21

2.     









3.     









4.     









5.     









6.     









7.     









8.     









9.     









10.  









11.  









12.  









13.  









14.  









15.  









16.  









17.  









18.  









19.  









20.  









21.  




















Keterangan pengisian skor
4.  Sangat tinggi
3.  Tinggi
2.  Cukup tinggi
1.  Kurang
1.    Evaluasi Pertama
A.   Amatilah dua gambar di atas, jawablah pertanyaan di bawah ini !


Description: http://geografiunm.files.wordpress.com/2011/04/longsor-yg-heboh-itu.jpg?w=614





Gambar 1                                           
                   Gambar 1                                                          Gambar 2
Fenomena geosfer apa yang ada pada gambar 1 ?:                                            Alam………………………….                                                                      Kehidupannya………………...
Fenomena geosfer apa yang ada pada gambar 2 ?:                                        Alam……………………………                                                               Kehidupan……………………..
Apa persamaan gejala geosfer yang ada pada gambar 1 dan  gambar 2 ?…………………………………………………………………………………….. ……………………………………………………………………………………..
Apa perbedaan gejala geosfer yang ada pada gambar 1 dan  gambar 2    ?                                                                                                                                                                …………………………………………………………………………………….. ……………………………………………………………………………………..
Jelaskan interaksi antara manusia dan lingkungannya dalam konteks keruangan pada gambar 1 dan gambar 2 !………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

B.   Tentukan konsep essensial geografi yang sesuai dengan pernyataan-pernyataan pada tabel berikut !
No
Pernyataan
Konsep Geografi
1.     
Rumah yang bagus akan berkurang nilainya apabila berdekatan dengan pemakaman.

2.     
Setelah dikaji melalui peta, ternyata terdapat keterkai tan keruangan antara Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi.

3.     
Gerakan berita (informasi) melalui media massa

4.     
Bentuk lahan terkait dengan erosi pengendapan, penggunaan lahan, ketebalan tanah, dan ketersediaan air

5.     
Timbulnya daerah kumuh dan daerah elit ditengah masyarakat

6.     
Yogyakarta–Jakarta dapat dijangkau dengan menggu nakan pesawat terbang sedangkan Yogyakarta– Ma gelang dapat dijangkau dengan menggunakan mobil.


2.    Evaluasi kedua
A.  Jelaskan gambar dibawah ini sesuai dengan prinsip geogarfi
Prinsip apa yang digunakan dalam menjelaskan gambar  di samping ! ...................................
mengapa ?……………………………………………………………………………………………………………………………………………


Prinsip apa yang digunakan dalam menjelaskan gambar  di samping ?………………………….. mengapa……………………………………………………………………………………………………………………………………………

Prinsip apa yang digunakan dalam menjelaskan gambar  di samping ?………………………….. mengapa ?……………………………………………………………………………………………………………………………………………





B.   Lengkapi skema dibawah ini !


 


(1) 
Objek geografi
 
..................................................
(2)  ..................................................
(3)  ..................................................
(4)  .................................................
.......................................................
 
                                           Contohnya :


 
                                          Contohnya:
(1)  .......................................................
(2)  .........................................................
(3)  ...........................................................




3.    Evaluasi ketiga
Gunakanlah pendekatan geografi yang tepat untuk fenomena berikut ini
a.    Jatuhnya Pesawat Sukoi Superjet 100 di lereng Gunung Salak cukup menggemparkan masyarakat dunia. Peristiwa ini dapat dikaji/analisis dengan mengunakan pendekatan keruangan, dengan  mengajukan pertanyaan-pertanyaan berikut
·      Apa fenomena kehidupan yang terjadi ?
...................................................................................
·      Kapan terjadinya ?
...................................................................................
·      Dimana terjadi peristiwa tersebut ?
...................................................................................
·      Apa penyebabnya ?
...................................................................................
·      Bagaimana kecelakaan itu dapat terjadi ?
...................................................................................
...................................................................................
.................................................................................
b.    Description: t027941aPerhatikan baik-baik  gambar berikut ini !: analisis fenomena ini dengan menggunakan pendekatan kelingkungan !
…………………………………………………………
………………………………………………………….
…………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………….

4.    Evaluasi keempat
a.  Isilah matriks berikut ini dan sesuaikan  antara fenomena/gejala geografi termasuk pada apek apa dan cabang ilmu/ilmu bantu geografi yang bersesuaian

FENOMENA
ASPEK GEOGRAFI
CABANG ILMU/ILMU PENUNJANG GEOGRAFI
Letusan gunung api


Hutan hujan tropis


Membuat peta


Tsunami pantai selatan pulau jawa


Urbanisasi


Siklus hidrologi


Abrasi air laut


Pemukiman kumuh


Jenis dan warna tanah


Angin dan cuaca



  1. Untuk mendalami cabang ilmu dan ilmu bantu geografi lengkapilah matriks dicbawah ini !
NAMA ILMU
KAJIAN ILMUNYA
ASPEK
Geografi  Manusia (antropogeografi)


Geografi Sejarah


Kartografi


Geografi Matematika


Etnografi


Biogeografi


Geomorfologi


Hidrologi


Pedologi


Klimatologi



KUNCI JAWABAN
1.    Evaluasi Pertama
a.    Fenomena geosfer apa yang ada pada gambar 1 :                                      
Alam daerah dataran rendah dengan fenomena tanaman, seperti pohon kelapa
Kehidupannya terdapat tempat tinggal penduduk(pemukiman)

Fenomena geosfer apa yang ada pada gambar 2 :
Alam Tebing lereng yang sebagian lahannya tererosi, terdapat juga fenomena beberapa jenis tanaman
Kehidupan : terdapattempat tinggal/ pemukiman penduduk

Apa persamaan gejala geosfer yang ada pada gambar 1 dan gambar 2                                         Kesamaan alam, memiliki beberapa jenis tanaman/vegetasi, kesamaan kehidupan: terdapat pemukiman
Apa perbedaan gejala geosfer yang ada pada gambar 1 dan gambar 2                                         Perbedaan alam, topografi yang berbeda, kondisi topografi dan jenis tanaman yang berbedaKehidupan : kondisi pemukiman yang berbeda
Jelaskan interaksi antara manusia dan lingkungannya dalam konteks keruangan pada gambar 1 dan gambar 2
Kondisi alam yang berbeda pada gambar 1 dan 2, menyebabkan  manusia melalukan interaksi sesuai dengan  lingkungan dimana dia berada.  Contoh Daerah dataran rendah dengan tanah datar memudahkan manusia membangun pemukimannya, namun daerah tebing manusia membutuhkan tempat yang datar untuk membangun pemukimannya, dan memiliki resiko lahan
         
b.    1. Lokasi, 2. Keterkaitan keruangan, 3. Pola, 5. Morfologi, aglomerasi, 6. keterjangkauan 

2.    Evaluasi kedua
a.    Prinsip geografi
·         Prinsip yang digunakan dalam menjelaskan gambar  di samping adalah distribusi/persebaran karena menunjukkan persebaran sumber daya nabati yang tidak merata di setiap daerah di Indonesia
·         Prinsip yang digunakan dalam menjelaskan gambar  di samping  adalah Interalasi karena Menunjukkan hubungan antara gejala tsunami yang terjadi akibat gempa tektonik dengan gejala posisi pecahan lempeng serta  gejala jarak wilayah  dengan laut .
·         Prinsip yang digunakan dalam menjelaskan gambar  di samping adalah diskripsi karena terjadinya peristiwa hujan bisa dijelaskan/ di diskripsikan melalui siklus hidrologi
b.    Obyek strudi geografi
·         Obyek material
o   Litosfer
o   Atmosfer
o   Hidrosfer
o   Biosfer
o   antroposfer
·         Obyek formal
o   Keruangan
o   Kelingkungan
o   Kompleks wilayah
3.    Evaluasi ketiga
Pendekatan keruangan
·      Jatuhnya Pesawat
·      9 Mei 2012
·      Lereng Gunung Salak
·      Disebabkan oleh miskominasi pilot, dan pilot tidak menguasai medan sekitar lokasi kejadian
·      Pilot terlambat mengikuti perihtah dari menara pengawas halim sehingga menabrak tebing gunung salak
·      Pada pukul 14.20 WIB, pesawat tinggal landas kemudian berbelok ke kanan hingga mengikuti ke radial 200 HLM VOR dan naik ke ketinggian 10.000 kaki. Pada pukul 14.32 WIB, berdasarkan waktu yang tercatat di Flight Data Recorder (FDR) pesawat menabrak tebing Gunung Salak pada koordinat 0642'45"S 10644'05"E dengan ketinggian sekitar 6.000 kaki di atas permukaan laut.
Pendekatan ekologi
Pendekatan ekologi dalam geografi berkenaan dengan hubungan kehidupan manusia dengan lingkungan fisiknya. Pada dasarnya lingkungan geografi mempunyai dua sisi, yaitu perilaku dan fenomena lingkungan. Sisi perilaku mencakup dua aspek, yaitu pengembangan gagasan dan kesadaran  lingkungan. Pada gambar disamping menunjukkan seekor gajah yang mati akibat perburuhan karena harga gadingnya yang bernilai tinggi, akibatnya gajah terancam punah

4.    Evaluasi keempat
a.    jawaban
FENOMENA
ASPEK GEOGRAFI
CABANG ILMU/ILMU PENUNJANG GEOGRAFI
Letusan gunung api
Fisik
Vulkanologi
Hutan hujan tropis
Fisik
Biogeografi
Membuat peta
Fisik
Geodesi/kartografi
Tsunami pantai selatan pulau jawa
Fisik
Geologi
Urbanisasi
Sosial
Demografi
Siklus hidrologi
Fisik
Hidrologi
Abrasi air laut
Fisik
Oseanografi
Pemukiman kumuh
Sosial
Geografi manusia
Jenis dan warna tanah
Fisik
Pedologi
Angin dan cuaca
Fisik
Meteorologi/klimatologi

b.    jawaban
NAMA ILMU
KAJIAN ILMUNYA
ASPEK
Geografi  Manusia (antropogeografi)
Cabang geografi yang mempelajari bagaimana manusia beradaptasi dengan wilayahnya dan manusia lain, serta bagaimana manusia berperan di dunia 
Sosial
Geografi Sejarah
Cabang geografi yang mencari penjelasan tentang bagaimana budaya dari berbagai tempat di bumi
Sosial
Kartografi
 Kajian dalam cabang ilmu tehnik geografi yang mempelajari tentang presentasi permukaan bumi dengan symbol abstrak
Fisik
Geografi Matematika
Merupakan ilmu hasil interaksi antara geografi dan matematika
Fisik
Etnografi
Merupakan disiplin ilmu hasil interaksi antara geografi dan antropologi
Sosial
Biogeografi
Merupakan hasil interaksi antara geografi dan biologi
Fisik
Geomorfologi
Cabang geografi yang mempelajari bentuk bentuk permuka bumi dan penafsirannya terhadap proses terbentuknya
Fisik
Hidrologi
Cabang geografi yang mempelajari air di bumi, mengenai terjadinya, sirkulasinya, distribusinya dan terbentuknya serta sifat fisik dan kimia
Fisik
Pedologi
Cabang geografi yang mempelajari Tanah antara lain proses terbentuknya dan jenis jenisnya
Fisik
Klimatologi
Cabang geografi yang mempelajari Iklim meliputi ciri, sebab terjadinya dan pengaruhnya terhadap bentuk fisik dan kehidupan suatu wilayah
Fisik
SOAL PILIHAN GANDA
Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat

1.  Dalam kurun waktu lima tahun terakhir, wilayah pantai Barat Sumatera sudah beberapa kali di guncang gempa tektonik dan dilihat dari struktur geologinya wilayah tersebut berada di zona tumbukan lempeng.
     Prinsip geografi yang di gunakan untuk mengkaji fenomena tersebut adalah ....
A.  prinsip persebaran                                        D. prinsip deskripsi
B.  prinsip distribusi                                            E. prinsip korologi
C.  prinsip interelasi
2.   Pulau jawa penduduknya sangat padat, jika dibandingkan dengan pulau lainnya seperti Sumatera, Kalimantan, Sulawesi dan Irian Jaya. Fenomena keadaan penduduk ini, mengacu pada … .
A.  prinsip persebaran                                 D. prinsip deskripsi
B.  prinsip korologi                                      E. prinsip interseksi
C.  prinsip interelasi
3.   Wartawan media cetak menulis peristiwa gunung Merapi Jawa Tengah dengan menjelaskan penyebab terjadinya, daerah yang kena bencana, aliran lava dan kerugian yang di alami penduduk dengan menggunakan tulisan dan gambar-gambar serta melaporakan keadan penduduk di tempat pengungsian. Wartawan media dalam rangka mengungkap fenomena tersebut telah menggunakan ... .
A.    prinsip persebaran                          D. prinsip deskripsi
B.    prinsip korologi                            E. prinsip interseksi
C.     prinsip interelasi
4.   Pak Seno pengusaha dari Jakarta  memiliki lahan 2 ha di kawasan puncak yang di jadikan tempat peristirahatan. Sedangkan Pak Dadang memiliki 1 ha di samping tanah Pak Seno yang di tanami dengan palawija untuk memenuhi kebutuhan hari-hari.
Konsep geografi yang digunakan untuk mengkaji fenomena tersebut adalah ....
A.     Konsep pola                                    D. Konsep nilai kegunaan
B.     Konsep morfologi                            E. Konsep aglomerasi
C.      Konsep keterjangkauan
5.   Pegunungan mempunyai suhu lebih rendah daripada di daerah dataran rendah.Oleh karena itu sayuran, teh dan pinus dapat tumbuh dengan baik di daerah pegunungan. Konsep geografi yang sesuai dengan hal tersebut adalah ......
A.     Konsep keterkaitan keruangan      D. Konsep nilai kegunaan
B.     Konsep aglomerasi                        E. Konsep interaksi/interdependensi
C.      Konsep diferensiasi area
6.     Peserta Ujian Masuk Perguruan Tinggi terlambat mengikuti ujian karena salah menaiki kenderaan (BIS) yang menuju tempat pelaksanaan ujian. Fenomena berkaitan dengan ...
A.     konsep keterjangkauan              D. konsep morfologi
B.     konsep aglomerasi                    E. konsep nilai kegunaan
C.     konsep pola
7.     Banjir yang sering terjadi di sekitar pemukiman penduduk di daerah perkotaan akibat semakin dangkal dasar sungai. Pendangkalan sungai terjadi akibat adanya penduduk yang membuang sampah ke sungai.
Pendekatan geografi untuk mengkaji untuk mengkaji hal tersebut adalah ....
A.     Pendekatan keruangan                D. Pendekatan kewilayahan
B.     Pendekatan ekologi                     E. Pendekatan kompleks wilayah
C.      Pendekatan korologi


8.    Banjir yang terjadi di kota Jakarta tidak semata karena drainase yang kurang baik tetapi juga pengaruh dari wilayah sekitar Jakarta seperti Bogor,Depok dan Tangerang.Karena  wilayah tersebut sebagai daerah resapan air sudah banyak beralih fungsi sebagai wilayah pembangunan. Oleh karena itu dalam pengambilan kebijakan  penanganan banjir di Jakarta harus juga melibatkan wilayah-wilayah tersebut. pendekatan geografi yang digunakan adalah  ....
A.   Ekologi                                     D. kelingkungan
B.   Keruangan                                E. kompleks wilayah
C.   kemanusian
9.     Peristiwa gempa bumi yang disertai dengan tsunami di Jepang beberapa waktu yang lalu telah melululantakkan sebagian besar kota yang berada pada pantai timur kep. Honsu Jepang. Hal ini disebabkan  oleh karena Jepang dilalui oleh rangkaian pegunungan muda sirkum pasifik hasil tumbukan lempeng Pasifik dan Eurasia
pendekatan geografi dalam mengkaji fenomena tersebut adalah ... .
A.  pendekatan  kemanusian              D. pendekatan temporal
B.  pendekatan kompleks wilayah       E. pendekatan ekologi
C.  pendekatan keruangan
10.         Gejala geosfer:
(1)  terjadinya bencana alam;
(2)  perubahan cuaca dan iklim;
(3)  persebaran pemukiman;
(4)  terjadinya urbanisasi;dan
(5)  perkembangan jumlah penduduk;
Aspek geosfer sosial di tunjukkan nomor ....
A.    (1), (2), dan (3)                           D. (2), (4), dan (5)
B.    (1), (2), dan (5)                           E. (3), (4), dan (5)
C.    (1), (3), dan (4)
11.   Fenomena geosfer :
(1)   Gunung Bromo melontarakan Pasir dan debur
(2)   Tsunami menghamtan Aceh Darussalam
(3)   Banjir bandang melanda China
(4)   Badai salju melanda kawasan China
(5)   Angin topan menerjang Wilayah Filifina
Aspek fisik yang berkaitan dengan fenomena lithosfer terdapat pada nomor
A.     (1) dan (2)                                        E. (3) dan (5)
B.     (1) dan (3)                                        D. (4) dan (5)
C.     (2) dan (4)
12.  Peristiwa gunung meletus, gempa Bumi, dan longsor yang sering terjadi di wilayah Indonesia. Hal itu merupakan contoh aspek geosfer pada lapisan…
A.   Atmosfer                                      D. Biosfer
B.   Lithosfer                                      E. Antroposfer
C.   Hidrosfer
13.   Gajah, badak, banteng dan harimau adalah jenis hewan di kawasan Indonesia Bagian Barat, sedangkan anoa dan komodo adalah hewan khas kawasan indonesia tengah
Prinsip geografi yang berkaitan dengan fenomena tersebut adalah....
A.   prinsip persebaran                  D. prinsip lokasi      
B.   prinsip interelasi                      E. prinsip deskripsi
C.   rinsip korologi
14.   Hubungan perdagangan antara Jepang dengn Indonesia sangat intensif, karena jepang membutuhkan bahan mentah yang banyak dihasilkan oleh Indonesia. Sebaliknya Indonesia membutuhkan barang-barang modern produksi Jepang
Konsep geografi yang berkaitan dengan hal tersebut adalah ....
A.konsep aglomerasi                      D. konsep nilai kegunaan
B.   konsep keterkaitan keruangan  E. konsep interdependensi
C.   konsep  diferensi area
15.   Pada musim hujan bencana tanah longsor dan banjir sering terjadi karena penggundulan hutan.
    Pendekatan geografi untuk mengkaji permasalahan tersebut adalah....
B.   Pendekatan keruangan             D. Pendekatan korologi
C.   Pendekatan ekologis                E. Pendekatan kompleks wilayah
D.   Pendekatan campuran
16.   Gejala geosfer
(1)  Perubahan musim
(2)  Bencana banjir dan longsor
(3)  Bencana gempa dan tsunami
(4)  Perkembangan jumlah penduduk
(5)  Perkembangan pemukiman
      yang termasuk aspek fisik adalah nomor....
A.     (1), (2) dan (3)
B.     (1), (2) dan (5)
C.     (1), (4) dan (5)
D.     (2), (3) dan (4)
E.     (3), (4) dan (5)
17. Fenomena geosfer
(1)  Evakuasi korban bencana
(2)  Meningkatkannya arus urbanisasi
(3)  Mobilitas penduduk
(4)  Perubahan iklim global
(5)  Musim kemarau panjang
Yang termasuk aspek sosial terdapat pada angka...
A.   (1), (2), dan (3)
B.   (1), (2), dan (4)
C.   (1), (3), dan (5)
D.   (2), (4), dan (5)
E.    (3), (4), dan (5)
18. Kawasan Indonesia bagian timur memiliki jenis fauna yang berbeda dengan kawasan bagian barat dan kawasan bagian tengah
Prinsip geografi yang berkaitan dengan fenomena tersebut adalah ..
A.   Prinsip korologi
B.   Prinsip distribusi
C.   Prinsip deskripsi
D.   Prinsip interrelasi
E.      Prinsip interdependensi
19. Setiap musim kemarau di Sumatera dan sekitarnya terjadi kebakaran lahan dan hutan yang menimbulkan asap tebal hingga mengganggu penerbangan
pendekatan geografi untuk mengkaji fenomena tersebut
A.   Pendekatan keruangan
B.   Pendekatan ekologi
C.   Pendekatan komplek wilayah
D.   Pendekatan lingkungan
E.    Pendekatan korologi
20. Para pejabat umumnya bertempat tinggal d kawasan elit, sedangkan penduduk miskin tinggal di daerah pinggiran yang kumuh.
konsep geografi yang berkaitan dengan fenomena tersebut adalah ...
A.   Konsep morfologi
B.   Konsep nilai kegunaan
C.   Konsep berkaitan keruangan
D.   Konsep aglomerasi
E.    Konsep pola


KUNCI JAWABAN
1. C              11. A
2. A              12. B
3. D              13. A
4. D              14. E
5. A              15. E
6. A              16. A
7. A              17. A
8. E              18. B
9. C              19. C
10.E             20. D






Previous
Next Post »